MenPAN-RB: Petugas Lapas Jangan Loyo dan Mata Duitan

MenPAN-RB: Petugas Lapas Jangan Loyo dan Mata Duitan
Yuddy Chrisnandi. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi meminta petugas Lembaga Pemasyarakatan (LP) harus punya kualifikasi, kompetensi dan moralitas. Mengingat tugas yang diemban para petugas cukup berat yakni membina penghuni lapas. 

"Petugas LP harus khusus kompetensinya, jangan loyo dan mata duitan. Apalagi, belakangan ini LP dipenuhi terpidana penyalahgunaan narkoba. Jumlah napi dan tahanan narkoba mencapai 41,3 persen dari total napi dan tahanan yang ada,” ujar Yuddy Chrisnandi, Selasa (3/5).
 
Sementara Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, kompetensi dari petugas di LP harus terus ditingkatkan, karena memang penghuni yang dihadapi berbeda dengan yang lain. Selain itu para petugas jaga jangan terlibat langsung dengan peredaran jaringan narkoba yang kerap muncul dari balik lapas.
 
"Pencegahan penyalahgunaan narkoba di Indonesia, tidak cukup hanya ditangani satu instansi, namun perlu sinergitas antar instansi. Dengan begitu peredaran narkoba pun dapat ditekan," tandasnya.(esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News