Pengamat: Sjafrie Sjamsoeddin Idola Ibu-ibu

Pengamat: Sjafrie Sjamsoeddin Idola Ibu-ibu
Mantan Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Partai Gerindra tampaknya sudah menjatuhkan pilihan kepada Sjafrie Sjamsoeddin untuk menjadi calon gubernur yang akan diusung pada Pilkada DKI 2017 mendatang. Sjafrie berhasil mengungguli sejumlah tokoh lainnya yang juga mengincar tiket partai berlambang kepala burung garuda tersebut, seperti Sandiaga Uno dan Yusril Ihza Mahendra.

Pengamat Politik Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai keputusan Gerindra ini bak pisau bermata dua. Pasalnya, dari sisi popularitas dan elektabilitas, Sjafrie relatif belum teruji jika dibanding bakal calon lainnya. 

"Nama Pak Sjafrie sebagai kandidat cagub kan baru ramai minggu-minggu ini. Jadi butuh strategi pemasaran politik yang bagus untuk mendongkrak popularitas, elektabilitas maupun aksepbilitas Pak Sjafrie," kata Emrus saat dihubungi RMOLJakarta, Senin (23/5).

Namun, lanjut Emrus, di sisi lain kualitas Sjafrie sebagai kandidat sangat bagus. Menurut dia, Sjafrie adalah tokoh militer yang santun dan bisa menghargai lawan bicara. "Hal ini tentu bertolak belakang dengan bakal cagub yang satu itu, yang terkenal suka memaki-maki orang lain di muka umum," tegas Emrus.

Rekam jejak Sjafrie, tambah dia, juga sangat baik. Pria asal Makassar itu tercatat pernah memangku jabatan Pangdam Jaya dan wakil menteri pertahanan.

"Dibanding sipil, tentu seleksi jabatan militer lebih ketat. Tentu Sjafrie memang sosok yang luar biasa. Apalagi sosok Sjafrie yang gagah dan tampan sempat jadi idola ibu-ibu dan remaja putri," ujar Emrus. (rmol/dil/jpnn)


JAKARTA - Partai Gerindra tampaknya sudah menjatuhkan pilihan kepada Sjafrie Sjamsoeddin untuk menjadi calon gubernur yang akan diusung pada Pilkada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News