Awas, Pintu Tol Brebes Timur Bakal Jadi Titik Macet Baru saat Mudik

Awas, Pintu Tol Brebes Timur Bakal Jadi Titik Macet Baru saat Mudik
Pintu keluar tol Brebes Timur di Brebes, Jawa Tengah. Foto: Radar Tegal/JPG

jpnn.com - BREBES - Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) telah menyusun prediksi tentang titik kemacetan pada musim mudik Lebaran 2016. Berdasarkan prediksi Korlantas Polri, akan ada titik kemacetan baru di pintu keluar tol Brebes Timur di Kabupaten Brebes.

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen ‎Pol Agung Budi Maryoto, mayoritas pemudik dari arah Jakarta diperkirakan akan melintasi tol Cikampek, Cipali dan keluar di pintu Banjaranyar atau Brebes Timur. Namun, jarak dari loket hingga exit tol hanya 1,5 kilometer sehingga rawan macet.

"Kendaraan dari Jakarta melalui tol keluar dari situ semua. Tentu akan terjadi kepadatan," kata Agung di Brebes, Selasa (31/5) sebagaimana diberitakan Radar Tegal.

Agung menambahkan, polisi akan menerapkan sistem 3-1 atau contra flow atau lawan arus. Nantinya kendaraan dari arah Jakarta dan dalam tol akan menggunakan tiga lajur jalan. Sebaliknya, kendaraan dari arah Semarang menggunakan satu lajur.

Selain di exit tol Brebes Timur, ada pula titik rawan macet lainnya. Yakni di kawasan Pasar Induk Brebes dan perempatan maya Kota Tegal yang merupakan pertemuan kendaraan dari empat arah.

"Di tol akan kita berlakukan contra flow secara kondisional. Sementara di Tegal nanti dibelokkan ke jalan lingkar utara," terangnya. (muj/zul/jpg/ara/jpnn)
 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News