Pemerintah Kaji Sejumlah Opsi untuk Bebaskan WNI

Pemerintah Kaji Sejumlah Opsi untuk Bebaskan WNI
Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah sedang mengkaji opsi-opsi tentang upaya pembebasan tujuh warga negara Indonesia (WNI) kru kapal TB Charles yang kini disandera kelompok bersenjata di Filipina Selatan. Menurut Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan, pemerintah sudah membentuk pusat krisis atau crisis center untuk mengkaji opsi pembebasan WNI.

Luhut mengatakan, pemerintah nantinya akan mempelajari opsi-opsi pembebasan hasil kajian crisis center. "Nanti kita hat hari Selasa (28/6), mungkin kita sudah dapat jawaban-jawaban permulaan kemungkinan opsi-opsi yang akan kita ambil," ujar Luhut di sela-sela peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2016 di Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (26/6).

Aksi kelompok bersenjata di Filipina Selatan yang menculik dan menyandera kru kapal berbendera Indonesia itu sudah yang ketiga kalinya dalam tahun ini. Namun, pemerintah belum memutuskan opsi yang akan ditempuh untuk pembebasan WNI.

Selain itu Luhut juga mengatakan, sebenarnya sudah ada kesepakatan antara TNI, Angkatan Bersenjata Filipina dan Tentara Diraja Malaysia untuk melakukan patroli bersama di perairan yang dianggap rawan. Namun, katanya, kesepakatan tentang patroli bersama itu belum dilakukan.

"Yang disebutkan Panglima TNI memang belum semua pihak melaksanakan itu," papar mantan Duta Besar RI untuk Singapura ini.(boy/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Jokowi: Hajar Bandar Narkoba

JAKARTA - Pemerintah sedang mengkaji opsi-opsi tentang upaya pembebasan tujuh warga negara Indonesia (WNI) kru kapal TB Charles yang kini disandera


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News