Kunjungan Kapal Besar Tunjukkan Tren Positif

Kunjungan Kapal Besar Tunjukkan Tren Positif
Ilustrasi. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA - PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) melakukan pendalaman kolam dermaga internasional. Hal itu bertujuan untuk memfasilitasi kunjungan kapal besar.

Saat ini kedalaman kolam tersebut mencapai 13 meter LWS (low water spring) atau bertambah ketimbang sebelumnya yang hanya 10,5 LWS.

Kepala Humas PT Terminal Petikemas Surabaya Moch. Soleh menyatakan, setelah dilakukan pendalaman menjadi 13 meter LWS, untuk kali pertama pihaknya menerima kunjungan kapal dengan draft 12,2 meter.

’’Masuknya kapal MV Northern Democrat menunjukkan bahwa TPS sudah bisa menerima kapal dengan draft di atas 12 meter. Kami berharap bisa diikuti perusahaan pelayaran lainnya, terutama yang memiliki kapal-kapal besar,’’ ujarnya kemarin (24/6).

Kapal yang sandar tersebut memiliki spesifikasi teknis panjang seluruhnya atau lenght over all (LOA) 231 meter dan gross register tonnage (GRT) 36.007 ton, serta kapasitas muat 3.534 TEUs.

’’Di TPS mereka membongkar kontainer 1.092 TEUs. Lalu, memuat 992 TEUs,’’ ucap Soleh.

Kapal yang diageni PT Pelayaran Bintang Putih itu memiliki trip Jakarta–Surabaya–Jakarta–Kaoshiung–Sanghai–Nanyuang–Khaosiung–Tanjung Pelepas. Dia menyatakan, kapal tersebut memiliki jadwal dua kali sandar di Jakarta. Sementara itu, di Surabaya kapal hanya sekali sandar.

’’Nah, kalau hanya sekali sandar, biaya yang dikeluarkan tidak sebanyak dua kali sandar. Tentu bagi perusahaan pelayaran menjadi lebih efisien. Apalagi jika ada tambahan muatan, bisa mendongkrak pendapatan perusahaan,’’ jelasnya.

SURABAYA - PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) melakukan pendalaman kolam dermaga internasional. Hal itu bertujuan untuk memfasilitasi kunjungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News