Ketahui Temperamen Sapi Dari Gerakan Matanya

Ketahui Temperamen Sapi Dari Gerakan Matanya
Ketahui Temperamen Sapi Dari Gerakan Matanya

Menurut sebuah studi baru -yang bisa membantu peternak sapi mengurangi stres dan kecemasan pada ternak, sapi yang waspada akan berjaga-jaga dari ancaman potensial dengan mata kiri mereka.

Studi tentang mata dominan sapi, yang digunakan saat berinteraksi dengan ternak lain dan manusia, ini bisa memberi pemahaman yang berharga tentang temperamen emosional sapi.

Direktur Pusat Kesejahteraan dan Etika Binatang di Universitas Queensland, Clive Phillips, mengatakan, studi yang dilakukan selama lima tahun ini menemukan bahawa sapi perah meningkatkan penggunaan mata kiri mereka saat melihat ancaman.

"Sapi dominan yang menggunakan mata kiri mereka dalam semua jenis interaksi, memiliki temperamen yang lebih menakutkan," terang Clive Phillips.

Ia menjelaskan, "Sapi dominan, dibandingkan dengan yang sub-ordinat (tidak dominan), kurang mungkin untuk menggunakan mata kiri mereka untuk memantau konfrontasi dengan sapi lainnya."

Menurut penelitian ini, belahan otak kanan, yang terhubung ke mata kiri, mengkoordinasikan mekanisme bertahan.

Penelitian ini didasarkan pada lateralisasi -pembagian antara sisi kiri dan kanan otak yang mengendalikan proses yang berbeda.

Profesor Clive mengatakan, sapi begitu ideal untuk dipelajari karena mereka memiliki penggunaan mata yang sangat berbeda, karena mata mereka terletak di sisi kepala mereka dan koneksi ke sisi otak lebih jelas daripada manusia.

Menurut sebuah studi baru -yang bisa membantu peternak sapi mengurangi stres dan kecemasan pada ternak, sapi yang waspada akan berjaga-jaga dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News