Desember, Jembatan Megah Ini Bisa Dilintasi

Desember, Jembatan Megah Ini Bisa Dilintasi
Jembatan Mahkota II. Foto: Radar Kaltim

jpnn.com - SAMARINDA – Pembangunan Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) II kini sudah masuk tahap akhir. Selain tinggal memasang pagar pembatas, pengaspalan dan penangkal petir, juga masih perlu melewati uji beban lagi.

Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) optimistis jembatan itu bisa tuntas tahun ini. Karena itu, Desember mendatang sudah bisa dilintasi. Kabid Bina Marga DBMP Samarinda Ahmad Husein mengatakan, saat ini jembatan yang dikerjakan sejak 2003 itu sudah tersambung seluruhnya.

Uji beban rencananya bakal dilakukan Oktober mendatang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Jadi ada tim khusus yang melakukan itu dan kami juga minta dilakukan penilaian mendetail. Kalau tidak salah nanti langsung menteri yang memberikan keputusan soal layak atau tidaknya jembatan digunakan,” ucap Husein, Senin (1/8).

Peresmian jembatan yang menghubungkan Kelurahan Sungai Kapih dan Simpang Pasir itu baru dilakukan pada Januari tahun depan. Hal itu berbarengan dengan peresmian Flyover Air Hitam dan Jembatan Perniagaan.

“Tapi untuk open trafic sudah bisa di Desember. Karena uji beban di Oktober dan menunggu hasilnya keluar di November nanti,” jelas Husein.

Ia menjelaskan, uji beban yang dilakukan akan memeriksa semua kondisi jembatan. Mulai kabel baja, kekuatan bentang tengah sampai dengan kekuatan menahan angin.

“Jadi nanti diberikan sedikit polisi tidur untuk dilintas itruk dengan muatan tertentu. Kemudian dilihat sejauh mana ketahanan jembatan,” paparnya.

SAMARINDA – Pembangunan Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) II kini sudah masuk tahap akhir. Selain tinggal memasang pagar pembatas, pengaspalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News