6 Tokoh Sumba Disebut Layak Pimpin NTT

6 Tokoh Sumba Disebut Layak Pimpin NTT
Tokoh asal Sumba, Daud Kadiwano. FOTO: Facebook

jpnn.com - KUPANG - Salah seorang sesepuh asal Sumba, Daud Kadiwano mengatakan menghadapi momen pemilihan gubernur (Pilgub) tahun 2018 nanti, merupakan saat yang tepat bagi figur asal Sumba untuk tampil memimpin NTT.

Daud mengatakan ini lantaran selama ini, figur asal Sumba selalu ditempatkan pada posisi nomor dua ketika tiba hajatan Pilgub.

"Selama ini, setiap ada momen pemilihan gubernur, orang Sumba selalu ditempatkan pada posisi nomor dua (wakil, Red). Untuk saat sekarang, itu bukan masanya lagi karena sudah banyak orang Sumba yang siap memimpin NTT. Banyak orang Sumba yang berpotensi dan sudah nyata kiprahnya, tidak saja di tingkat lokal, tapi nasional bahkan internasional,” ungkap Daud seperti dilansir Timor Express (JPNN Group).

Menurut Daud, potensi yang dimiliki orang Sumba itu, tidak saja di birokrasi atau politik, tapi juga di luar dua bidang itu. Daud yang merupakan salah satu pembina Ikatan Keluarga Asal Sumba (IKAS) menyatakan, dengan selalu menempatkan orang Sumba di urutan kedua, ada perasaan yang timbul bahwa orang Sumba belum mampu memimpin NTT.

"Saya mau tegaskan bahwa, kini orang Sumba juga bisa pimpin NTT. Dan kita bisa buktikan itu,” tegas mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT itu.

Daud menyebutkan, berdasarkan penilaian dan pengamatannya, terdapat enam tokoh atau figur potensial asal Sumba yang layak memimpin NTT ke depan. Di antaranya, Gidion Mbilijora yang kini menjabat Bupati Sumba Timur. Ada juga Umbu Sappi Pateduk atau Umbu Bintang yang juga Bupati Sumba Tengah.

Selain itu, tokoh olahraga nasional yang juga pengusaha, Umbu S. Samapaty atau akrab disapa Umbu Kupang; Daniel Tagu Dedo yang adalah seorang bankir berprestasi (Direktur Bank NTT), dr. Cornelius Kodi Mete (mantan Bupati Sumba Barat Daya yang kini menjabat Kepala Dinas Kesehatan NTT), dan Mayor Jenderal TNI Yan Pieter Ate (Kementerian Pertahanan RI).

"Enam orang ini saya nilai sangat potensial untuk memimpin NTT karena kiprah mereka, baik di tingkat lokal maupun nasional sudah teruji. Ada yang sudah menjabat bupati dua periode, ada bankir yang punya prestasi dan pengusaha sukses juga tokoh olahraga nasional,” ujar Daud.

KUPANG - Salah seorang sesepuh asal Sumba, Daud Kadiwano mengatakan menghadapi momen pemilihan gubernur (Pilgub) tahun 2018 nanti, merupakan saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News