Simak! Ini Saran untuk Dukung Penderita Gangguan Jiwa

Simak! Ini Saran untuk Dukung Penderita Gangguan Jiwa
Ilustrasi. Foto; worktolive

jpnn.com - MEMILIKI keluarga atau dukungan teman bisa sangat membantu bagi seseorang yang tengah berada dalam suatu penyakit kejiwaan. Kebanyakan orang dalam keadaan ini sedang melalui proses penyangkalan.

Kebanyakan dari kita tahu bagaimana merawat seseorang yang terserang demam dan flu, tapi tidak tahu bagaimana menangani seseorang dengan penyakit mental. Seperti penyakit lain, orang dengan gangguan mental juga membutuhkan banyak perawatan, cinta dan dukungan. 

Berikut adalah beberapa poin yang perlu diingat jika ada teman atau anggota keluarga Anda yang engah berjuang dengan gangguan mental, seperti dilansir laman India Times:

1. Katakan kepada mereka bahwa Anda berada di sana untuk mereka

Anda mungkin tidak bisa memahami situasi mereka, tapi katakan pada mereka bahwa Anda berada di sana untuk mereka, tidak peduli apa pun yang terjadi. Anda mungkin tidak bisa memahami penyakit mereka tetapi Anda tidak kehilangan kesabaran.

2. Jadilah positif di sekitar mereka

Katakan kepada mereka bahwa hal ini pasti akan berakhir.

3. Kita akan berjuang bersama-sama

Katakan kepada mereka bahwa mereka tidak sendirian dalam perjuangan ini dan Anda akan menemani mereka melalui ini bersama-sama.

4. Dengarkan

Lebih baik untuk mendengarkan mereka dan tidak bicara. Dianjurkan untuk tutup mulut dan tidak memberikan saran sama sekali.

 Jangan katakan hal ini kepada mereka.

1. Hah! Percayalah, itu semua di kepala Anda

Jangan pernah mengatakan ini. Itu hanya membuat lebih buruk.

2. Lihatlah sisi terang

Hal ini baik untuk mengatakan ini dalam situasi normal tetapi tidak untuk seseorang yang menderita masalah kesehatan mental yang serius. Mereka tidak bisa mengubah sikap itu dalam satu hari dan Anda harus pahami hal tersebut.

3. Berhenti mengkhawatirkan

Ini bukan di tangan mereka, jadi berhenti mengatakan kepada mereka kalau mereka akan baik-baik saja.(fny/jpnn)
 


MEMILIKI keluarga atau dukungan teman bisa sangat membantu bagi seseorang yang tengah berada dalam suatu penyakit kejiwaan. Kebanyakan orang dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News