Quraish Shihab Luruskan Arti Hijrah Versi Kelompok Radikal

Quraish Shihab Luruskan Arti Hijrah Versi Kelompok Radikal
ISIS. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Hijrah adalah ungkapan cinta tanah air yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Karena itulah, hijrah harus dimaknai oleh bangsa Indonesia untuk lebih mencintai tanah air demi menciptakan negeri yang adil, damai, dan sejahtera.

"Hijrah itu meninggalkan yang buruk menuju yang baik," ungkap ustaz Quraish Shihab menyambut Tahun Baru Hijriyah di Jakarta, Senin (26/9).

Tahun baru Hijriyah 1 Muharram akan jatuh Minggu, 2 Oktober 2016. Pernyataan sekaligus meluruskan pengertian hijrah yang digunakan kelompok radikal ISIS dalam menjalankan misinya.

Seperti diketahui, ISIS menjadikan hijrah sebagai alat propaganda untuk menarik pengikutnya untuk pindah ke Suriah untuk mendirikan khilafah.

Faktanya di Suriah mereka dijadikan alat untuk berperang dan menjalankan aksi keji dan brutal ISIS. Bahkan aksi mereka tidak hanya dilakukan di Suriah dan Irak. ISIS juga mendidik simpatisannya untuk melancarkan aksi terorisme di seluruh dunia.

Menurut Quraish Shihab, Muhammad SAW melakukan hijrah dikarenakan kondisi tidak aman di Mekkah dan atas perintah Allah SWT.

Sebelum hijrah turun, sahabat Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq pernah mengajak Rasul untuk hijrah.

JAKARTA - Hijrah adalah ungkapan cinta tanah air yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Karena itulah, hijrah harus dimaknai oleh bangsa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News