Surprise... Kunjungan Turis Prancis ke Indonesia Mulai Geser Dominasi Thailand

Surprise... Kunjungan Turis Prancis ke Indonesia Mulai Geser Dominasi Thailand
Foto/ilustrasi: Radar Bali

jpnn.com - PARIS - Pasar Wonderful Indonesia di Prancis naik kelas. Laporan dari perkumpulan agen tour dan travel di Prancis atau Syndicat des Enterprises du Tour Operating (SETO) menunjukkan hal menggemberikan.

Berdasarkan data SETO yang dipaparkan di ajang International French Travel Markert Top Resa di Paris pada 20-23 September 2016 lalu, penjualan paket perjalanan wisata dari Prancis ke Indonesia meningkat signifikan. "Surprise! Penjualan paket tur wisatawan dari pasar Prancis ke Indonesia naik tajam 35 persen pada periode liburan musim panas bulan Juli-Agustus 2016," jelas Mr. René Marc Chikli, President SETO melalui rilis resminya.

Menurut René, peningkatan hasil penjualan paket tur pada saat liburan musim panas 2016 itu merupakan yang progresif, terutama bagi para tour operator di Prancis. Turis dari Negeri Menara  Eiffel itu yang berlibur di Eropa dan Mediterania rata-rata mengalami kenaikan. Itu pertanda ekonomi masih stabil dan kebiasaan orang untuk berwisata masih menjadi tradisi abadi.

Negara-negara yang dikunjungi traveler Prancis beserta tingkat kenaikannya adalah Yunani (+ 3 persen), Kepulauan Canary (+ 6 persen), Kepulauan Balearic (+ 4 persen) , Portugal (+ 29 persen), Bulgaria (+ 25 persen), serta Sardinia (+ 22 persen).

Sedangkan negara-negara yang mengalami penurunan drastis dari outbound traveler Perancis adalah Mesir (-62 persen), Tunisia (-71 persen) dan Turki (-75 persen).

Selama musim panas tahun 2016, wisman asal Prancis yang berlibur ke Asia juga meningkat pesat. Indonesia melompat paling tinggi dalam growth karena mencapai 35 persen. Kenaikan itu mengalahkan Thailand (32 persen), Jepang  (20 persen), serta Vietnam (17 persen).

"Untuk kali pertama, Indonesia mengalahkan Thailand untuk outbound traveler dari Perancis," sambung Nia Niscaya Asdep Pengembangan Pemasaran Mancanegara wilayah Eropa, Amerika, Timur Tengah itu.

Nia cukup puas dengan pertumbuhan yang lebih besar itu. Sebab, Thailand punya keunggulan kompetitif dari sisi profesionalisme. Bahkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjadikan Thailand sebagai benchmark profesional.

PARIS - Pasar Wonderful Indonesia di Prancis naik kelas. Laporan dari perkumpulan agen tour dan travel di Prancis atau Syndicat des Enterprises du

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News