Tak Lagi Gunakan Istilah Full Day School tapi...

Tak Lagi Gunakan Istilah Full Day School tapi...
Siswa SD berangkat ke sekolah. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) akan melakukan uji coba Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) pada bulan ini.

Sudah ada sedikitnya 50 sekolah yang akan dijadikan sasaran uji coba pada tahap pertama.

Sedangkan pada tahap kedua yang diberlakukan pula tahun ini kemendikbud akan menyasar 500 sekolah.

Gagasan PPK itu bisa dianggap sebagai bentuk lain dari implementasi full day school yang pernah jadi perbincangan hangat saat dilontarkan Mendikbud Muhadjir Effendy. 

Yakni, siswa lebih lama di sekolah dengan penambahan jam pelajaran untuk penguatan karakter anak. Bentuknya seperti tambahan pelajaran agama atau pengenalan budaya.

Mendikbud Muhadjir Effendy menuturkan tidak ingin lagi menggunakan istilah full day school. Tapi, dia lebih memilih menggunakan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK). 

Saat ini, konsep tersebut sudah pada tahap mengidentifikasi daerah dan sekolah calon-calon yang akan dijadikan pilot project. 

Kemendikbud sudah memilih 50 sekolah pada tahap awal dan 500 sekolah pada tahap kedua yang direalisaskan pada tahun ini. 

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) akan melakukan uji coba Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) pada bulan ini. Sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News