Inilah Bukti Jokowi Bukan Presiden Boneka

Inilah Bukti Jokowi Bukan Presiden Boneka
Politikus PDIP Maruarar Sirait. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah melewati masa 2 tahun memimpin Indonesia. Sejumalh capaian positif telah ditunjukkan oleh presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu.

Bahkan Jokowi melakukan sejumlah gebrakan. Berdasarkan survei terkini Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) atas 1.220 responden pada 13-17 Oktober, mayoritas atau 69 persen mengaku puas.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maruarar Sirait mengatakan, Jokowi dalam 2 tahun kepemimpinannya  terlihat berbeda dari presiden sebelumnya. Contohnya dalam penunjukan Panglima TNI.

Mulai dari Presiden Abdurrahman Wahid sampai ke Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), orang nomor satu di TNI selalu dipilih secara bergiliran di antara matra yang ada. Pada saat SBY, Panglima TNI adalah Jenderal Moeldoko dari TNI AD. Sesuai tradisi maka Panglima TNI selanjutnya adalah dari matra AU.

Namun Presiden Jokowi tidak menginginkan hal itu. Dia lebih memilih berdasarkan kapasitas. Jokowi memilih Gatot Nurmantyo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dari TNI AD.

"Pak Gatot bagus kepercayaan publiknya, kalau Pak  Jokowi salah pilih kepercayaan publik enggak akan setinggi ini," ujar pria yang akrab disapa Ara di Hotel Sari Pan Pacific, MH Thamrin, Jakarta, Minggu (23/10).

Kemudian dalam memilih Kapolri, Presiden Jokowi juga tidak melihat berdasarkan senioritas angkatan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memilih berdasarkan dengan kapasitas.

Akhirnya, Jokowi memilih Tito Karnavian. Pada saat itu Tito dibilang sukses menjadi Kepala Detasemen Khusus (Desus) 88 Antiteror, Kapolda Papua, dan Kapolda Metro Jaya. Padahal pada saat itu ada nama Komjen Pol Budi Gunawan.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah melewati masa 2 tahun memimpin Indonesia. Sejumalh capaian positif telah ditunjukkan oleh presiden yang beken

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News