Lima Perusahaan Biofuel Tunggu Izin

Lima Perusahaan Biofuel Tunggu Izin
Lima Perusahaan Biofuel Tunggu Izin
JAKARTA- Lima perusahaan biofuel saat ini tengah menanti keluarnya izin usaha niaga bahan bakar nabati (BBN). Kelima perusahaan tersebut adalah PT Wahana Abdi Tirta Tehnika Sejati berkapasitas 11.550 KL/tahun, PT Damai Sejahtera Sentosa Cooking kapasitas 120 ribu KL/tahun, PT Alia Mada Perkasa kapasitas 11.550 KL/tahun, PT Berlian Energi kapasitas 10 ribu KL/tahun, dan PT Molindo Raya Industrial kapasitas 50 ribu KL/tahun. 

“Lima perusahaan ini tiga di antaranya akan memproduksi biodiesel dengan kapasitas terpasang 143.100 KL/tahun. Sedangkan dua lainnya yakni PT Berlian dan Molindo memproduksi bioethanol yang kapasitas terpasangnya 60 ribu KL/tahun,” jelas Direktur Pengolahan PT Pertamina Rukmi Hadi Hartini saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (27/5).

Rukmi menambahkan ada 23 perusahaan yang telah mendapatkan izin usaha niaga BBN, terdiri dari 18 perusahaan untuk memproduksi biodiesel dan sisanya bioethanol. Dari 18 perusahaan biodiesel, 13 di antaranya sudah berproduksi, satu hanya niaga, dua belum berproduksi, dan sisanya menghentikan produksi.

“PT Sumi Asih Oleo-Chemical, PT Darmex Biofuels, dan PT Pelita Agung Agrindustri awal-awalnya telah berproduksi, tapi kemudian menghentikan pengoperasiannya,” ucap Rukmi.

JAKARTA- Lima perusahaan biofuel saat ini tengah menanti keluarnya izin usaha niaga bahan bakar nabati (BBN). Kelima perusahaan tersebut adalah PT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News