1 PSIS vs Persebaya 0: Dalih Alfredo Vera soal Rotasi Pemain

1 PSIS vs Persebaya 0: Dalih Alfredo Vera soal Rotasi Pemain
Pemain Persebaya Surabaya Oktafianus Fernando mendapatkan kartu merah saat melawan PSIS Semarang, Minggu (22/7/2018). Foto: Dipta Wahyu Pratomo/Jawa Pos

jpnn.com, MAGELANG - Laga PSIS Semarang vs Persebaya Surabaya, lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Moch Soebroto Magelang, Minggu (22/7), berakhir dengan kemenangan tuan rumah.

Abu Rizal Maulana tampak frustrasi menatap ke arah tribun stadion tatkala Bonek menyanyikan Song for Pride seusai laga melawan PSIS Semarang kemarin. Untuk kali pertama musim ini dia hanya bisa menatap kekalahan Persebaya Surabaya dari bangku cadangan.

Ya, ketika klub berjuluk Green Force itu takluk 0-1 oleh tuan rumah PSIS, pemain yang disapa Rodeg itu diistirahatkan. Posisinya digantikan winger Oktafianus Fernando yang sekaligus berperan sebagai kapten. Hasilnya, Ovan –sapaan Oktafianus– yang tak terbiasa bermain di bek kanan, terkena dua kartu kuning.

Keputusan pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera merotasi para pemain dengan dalih kondisi fisik dan persiapan menjamu Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (26/7), berbuah petaka.

Setelah Ovan diusir pada menit ke-40, keseimbangan terganggu dan Persebaya kebobolan oleh gol Komarudin (50').

”Sebelum terkena kartu merah, dia (Ovan) tampil bagus,” bela Alfredo. Padahal, pemain utama di posisi bek kanan, Abu Rizal tidak sedang cedera atau akumulasi kartu. Dia juga selalu starter musim ini. ”Abu Rizal saya istirahatkan untuk melawan Persib,” lanjutnya.

Selain Abu Rizal, pemain lain yang dirotasi adalah striker David da Silva, Feri Pahabol, dan Fandry Imbiri. Nama terakhir memang diragukan fit setelah cedera melawan PSMS Medan (18/7). O.K. John mengisi posisi yang ditinggal Fandry. Lalu, Rishadi mengisi posisi Da Silva dan pos Pahabol dihuni Osvaldo Haay.

Alfredo mengatakan, dia memiliki alasan tidak memainkan Da Silva yang dalam dua laga terakhir selalu mencetak gol dan kolaborasinya dengan Irfan Jaya sedang yahud. ”Sebelum laga, dia (Da Silva) mengeluh kurang fit. Karena itu, saya pasang Rishadi,” tutur pelatih asal Argentina itu.

PSIS vs Persebaya dalam laga lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Moch Soebroto Magelang, dimenangkan tuan rumah dengan skor tipis 1-0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News