10 Jam Bersama Kapolri dan Panglima TNI Meninjau Jalur Mudik

10 Jam Bersama Kapolri dan Panglima TNI Meninjau Jalur Mudik
Bambang Soesatyo. Foto: DPR

jpnn.com - Oleh Bambang Soesatyo
Ketua DPR RI

Ada yang berbeda dalam persiapan pengamanan mudik pada hari raya Idhulfitri tahun ini. Bukan hanya soal jalan tol saja yang saat ini sudah bablas dari Jakarta menembus jantung kota Surabaya. Tapi kemesraan yang ditunjukkan dua pentolan penjaga keamanan dan ketertiban, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan penjaga pertahanan negara Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto patut diberi acungan jempol.

Sinar matahari pagi itu menyambut hangat kedatangan saya di landasan Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (10/6/18). Semangat keakraban Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Hari itu, saya bersama Kapolri, Panglima TNI dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani sebagai wakil pemerintah serta sejumlah menteri Kabinet Kerja meninjau jalur mudik di 3 provinsi utama, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Turut bersama kami antara lain Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan SAR Nasional Marsdya Muhammad Syaugi, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Herry Zuna, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Dirut Jasa Marga Desi Arryani.

Rombongan menggunakan 4 unit helikopter, 2 helikopter Dauphin dari Polri dan 2 unit helikopter Caracal serta helikopter Super Puma dari TNI. Setelah berbincang-bincang dan mendapat menjelaskan tentang tujuan dan rute kunjungan oleh Kapolri, kami lepas landas sekitar pukul 08.00 WIB dari Halim Perdanakusuma, Jakarta. Tujuan pertama rombongan mendarat di Pos Polisi Cikopo, Jawa Barat untuk menerima paparan dari Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Dari ketinggian tampak ruas jalan tol Jakarta-Cikampet padat merayap karena terjadinya penyumbatan jalan adanya proyek pembangunan jalan yang belum selesai. Selebihnya dari Cikampek ke arah Cirebon terlihat lancar.

Saya satu heli dengan Panglima TNI, Kepala Basarnas dan Plt Direktur Pertamina yang duduk di baris depan. Sementara saya, Kapolri dan Menko PMK duduk di baris belakang. Puan tampak sibuk mengabadikan ruas-ruas jalan tol dari kejauhan. Saya lirik Kapolri tampak menyandarkan kepala sambil mencoba memejamkan mata.

Setelah sekitar 25 menit di udara, kami pun mendarat dan disambut kesenian tari Rampak Gendang khas Jawa Barat yang dibawakan pasukan gabungan TNI-Polri. Hati saya bergetar, kekompakan yang ditunjukkan Kapolri dan Panglima TNI juga terlihat sampai ke prajurit di lapangan. Ini menunjukkan kesolidan TNI-Polri dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Jika TNI-Polri sudah solid, berarti negara aman dan masyarakat akan terjamin keselamatannya.

Ada yang berbeda dalam persiapan pengamanan mudik kali ini. Tak hanya soal jalan tol saja yang saat ini sudah bablas dari Jakarta menembus jantung kota Surabaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News