JPNN.com

10 Manfaat dari Rutin Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Kamis, 29 Agustus 2019 – 11:04 WIB
10 Manfaat dari Rutin Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari - JPNN.com

jpnn.com - Berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk memelototi layar smartphone menelusuri media sosial? Tiga puluh menit? Satu jam? Daripada waktu terbuang sia-sia, lebih baik gunakan waktu tersebut untuk rutin jalan kaki. Cuma 30 menit setiap hari, tapi manfaat sehatnya bisa dirasakan hingga masa mendatang!

Bicara tentang aktivitas fisik yang menyehatkan, banyak orang yang masih memandang “rendah” jalan kaki. Padahal jika dilakukan rutin, menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokterolahraga jalan kaki memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Tak percaya? Ini buktinya!

1. Menjaga berat badan ideal atau menurunkan berat badan
Tergantung berat badan dan kecepatan kaki melangkah, dr. Nadia mengatakan dengan berjalan kaki selama 30 menit, Anda dapat membakar sekitar 90-200 kalori.

“Bahkan meski berat badan tidak turun dengan signifikan, jalan kaki bisa menurunkan lingkar paha dan perut,” tambahnya.

Agar kalori yang dibakar lebih banyak, dr. Nadia menyarankan untuk meningkatkan intensitas jalan kaki menjadi lebih cepat dan lama. Namun sama seperti olahraga lainnya, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dulu.

2. Bagus untuk menenangkan diri
Berjalan kaki bisa menjadi momen relaksasi, meski Anda berjalan di jalanan yang ramai. Anda bisa berjalan sambil mendengarkan musik favorit atau yang punya efek menenangkan. Jangan lupa pakai masker untuk mengurangi paparan polusi udara.

3. Kaki jadi lebih kencang
Jalan kaki 30 menit sehari dapat menguatkan dan mengencangkan otot-otot paha dan betis. Jika sudah terbiasa jalan kaki rutin tiap hari, kombinasikan dengan latihan kekuatan (misalnya lunges, squats, dan lain-lain) dua kali seminggu. Dijamin, kaki Anda akan lebih kencang.

4. Mengurangi varises
Dikatakan oleh dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, aktivitas fisik rutin dapat menguatkan otot-otot kaki, memperlancar aliran darah, dan membantu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy