10 November, Hari Balas Dendam Sekutu

10 November, Hari Balas Dendam Sekutu
Suasana pertempuran Surabaya. Foto: Public Domain.

jpnn.com - PERISTIWA 10 November 1945 di Surabaya, lebih tepat disebut balas dendam, ketimbang pertempuran.

Matahari belum lama muncul, ketika para serdadu Sekutu, yang notabene pemenang perang dunia kedua, yang secara teknik dan persenjataan lebih segala-galanya memulai "pesta pora".

Dari udara, pesawat-pesawat bomber, menghujani kota Surabaya dengan bom. Dari laut, kapal-kapal Sekutu melesakkan meriam-meriam. Tak terhitung jumlah rumah yang hancur. Ribuan mayat bergelimpangan.

Menurut Soemarsono, Ketua Pemuda Republik Indonesia (PRI)--kelompok yang mempelopori aksi merobek bendera Belanda di Hotel Oranje, jangankan menyerah, perangai Sekutu itu malah membuat semangat arek Suroboyo kian mendidih.

"Berhari-hari mereka lakukan serangan tersebut dengan kejam dan tak ada pertimbangan perikemanusiaan sama sekali. Tujuan mereka supaya kita minta ampun, menyerah," tulis Soemarsono dalam buku Revolusi Agustus.

Tetapi, rakyat dan pemuda Surabaya sama sekali tidak ada pikiran menyerah dan minta ampun. 

"Jalanan dibanjir darah. Tapi rakyat Indonesia tidak terpikir untuk menyerah," tulis K'Tut Tantri, staf Bung Tomo di Radio Pemberontakan, dalam buku Revolt In Paradise

Setelah memeriksa sejumlah literatur sejarah, peristiwa 10 November 1945 adalah aksi balas dendam Sekutu terhadap rakyat Surabaya, setelah dikalahkan pada pertempuran 28-30 Oktober 1945. (wow/jpnn)

PERISTIWA 10 November 1945 di Surabaya, lebih tepat disebut balas dendam, ketimbang pertempuran. Matahari belum lama muncul, ketika para serdadu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News