10 Tim Pastikan tak Akan Meninggalkan Kompetisi F1

10 Tim Pastikan tak Akan Meninggalkan Kompetisi F1
Balapan F1. Foto: Formula 1

jpnn.com - Sepuluh tim telah menandatangani perjanjian "Concorde Agreement" dengan pemegang hak komersial, Liberty Media dan federasi otomotif internasional FIA.

Perjanjian itu mengikat komitmen kesepuluh tim tetap berkompetisi di Formula 1, untuk lima tahun ke depan dengan menjanjikan level persaingan lebih merata, dan pembagian keuntungan lebih adil.

"Kesepakatan ini akan mengamankan masa depan jangka panjang yang berkelanjutan dari Formula 1," demikian pernyataan FIA seperti dikutip Reuters, Rabu.

Uang hadiah menjadi salah satu pemasukan terbesar dari para tim, dan telah menjadi sumber perdebatan selama bertahun-tahun, karena para kompetitor utama meraih hadiah yang jauh lebih besar, ketimbang tim-tim kecil yang dimiliki perorangan.

Ferrari selama ini menjadi tim dengan bayaran hadiah tertinggi di antara tim-tim lainnya, karena menyandang status bersejarah sebagai tim tertua.

Pengumuman itu sekaligus mengakhiri ketidakjelasan apakah semua tim akan lanjut berkompetisi, mengingat Haas, tim yang berasal dari Amerika Serikat, mempertimbangkan masa depannya setelah menjalani musim 2019 yang berat.

Tiga tim paling tua dan tersukses di F1 - Ferrari, McLaren dan Williams - telah mengumumkan komitmen mereka.

Sementara itu, F1 telah memperkenalkan perombakan regulasi besar-besaran untuk tahun depan, yang bertujuan untuk membuat balapan lebih ketat dan memangkas kesenjangan finansial di antara tim kompetitor.

Sepuluh tim Formula 1 (F1) telah berkomitmen di hadapan Liberty Media dan federasi otomotif internasional FIA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News