10 Tol Trans Jawa Beroperasi Tahun Ini

10 Tol Trans Jawa Beroperasi Tahun Ini
Pembangunan jalan tol. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sepuluh ruas jalan tol trans Jawa akan mulai beroperasi tahun ini. Tiga di antaranya menghubungkan Surabaya sampai Kertosono.

Tiga ruas tol Surabaya–Kertosono yang bisa beroperasi tahun ini adalah Surabaya–Mojokerto seksi I-B–III, Kertosono–Mojokerto seksi II, serta Kertosono–Mojokerto seksi IV.

Dengan demikian, kemacetan parah pada jalan nasional Surabaya–Kertosono diharapkan bisa teratasi. Waktu tempuh sekaligus kerawanan kecelakaan lalu lintas sepanjang jalan nasional juga bisa diminimalkan.

”Ya, ruas Surabaya–Kertosono akan tersambung sepenuhnya. Tiga ruas yang sebelumnya belum selesai akan rampung Oktober nanti,” jelas Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry T.Z.

”Totalnya, ada 379,2 kilometer tol yang dioperasikan di tahun ini. Jika dikalkulasikan dengan panjang tol yang telah beroperasi pada 2016, jumlahnya menjadi 555,2 kilometer,” bebernya.

Sepuluh ruas tol trans-Jawa yang penyelesaiannya tahun ini tersebut sebelumnya dijadwalkan selesai Agustus lalu. Tepatnya akan diresmikan pada 13 Agustus.

Namun, peresmian harus mundur karena pengujian laik fungsi belum selesai. Sehingga sertifikatnya juga belum turun.

”Masih ada pemeriksaan oleh KKJTJ (Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan). Mudah-mudahan minggu ini bisa selesai sehingga bisa dioperasikan,” harap Herry.

Sepuluh ruas tol Trans Jawa ditargetkan sudah mulai beroperasi tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News