109 Undangan Disebar, Baru 30 Kepala Negara Konfirmasi di KAA

109 Undangan Disebar, Baru 30 Kepala Negara Konfirmasi di KAA
Setkab go id

jpnn.com - JAKARTA – Animo para kepala negara menghadiri Konferensi Asia Afrika ke-60 ternyata sangat minim. Buktinya, baru 30 kepala negara yang memastikan diri hadir dalam konferensi itu. Padahal, panitia sudah menyebar 109 undangan.

Direktur Intra-Kawasan Asia Pasifik-Afrika Kementerian Luar Negeri Benyamin Scott Carnadi mengatakan, saat ini pihaknya baru meneirma konfirmasi tertulis terkait kehadiran kepala negara dari 30 negara. Di antaranya ialah raja Swaziland, Presiden Vietnam, Presiden Iran dan Presiden Myanmar.

"Tentu jumlah ini akan terus bertambah menjelang hari H. Saya rasa negara-negara Asia Afrika sangat antusias untuk untuk mengetahui kemajuan masing-masing negara,” katanya pada Jawa Pos (induk JPNN) di Jakarta kemarin (2/4).

Namun, dia mengaku memang ada beberapa konfirmasi yang tak sesuai kabar. Misalnya, rumor bahwa pemimpin Korea Utara Kom Jong Un yang bakal hadir di Indonesia pertengahan April nanti.

Namun, Ben memastikan bahwa perwakilan Korea Utara adalah Kim Jong Nam. “Tapi, Kim Jong Nam memang merupakan Kepala Negara Korea Utara sebagai pemimpin Mahkamah Tertinggi,” tambah Ben.

Sementara itu, Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir masih optimistis terhadap penyelenggaraan KAA. Dia mengatakan, sudah ada 80 negara yang mengonfirmasi kedatangan secara lesan. Hanya saja, sampai saat ini negara-negara tersebut masih baru memastikan utusan khusus untuk datang ke KAA.

“Namanya utusan khusus itu mungkin saja mantan presiden atau menteri senior datang ke KAA. Yang jelas, sudah ada 80 negara yang sudah memastikan kehadirannya,” terangnya. (bil/jos/jpnn)


JAKARTA – Animo para kepala negara menghadiri Konferensi Asia Afrika ke-60 ternyata sangat minim. Buktinya, baru 30 kepala negara yang memastikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News