12 Ribu Prajurit TNI-Polri Amankan KTT IORA

12 Ribu Prajurit TNI-Polri Amankan KTT IORA
Tampak prajurit menggunakan anjik pelacak memeriksa setiap mobil yang melintas di arena penyelenggaraan KTT IORA di JCC, Jakarta. FOTO: Puspen TNI

jpnn.com - jpnn.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Assosiation (IORA) ke-20 tahun 2017 digelar di Jakarta Convention Center (JCC) mulai hari ini, 5 Maret hingga 7 Maret 2017. Sebanyak 12.000 prajurit TNI dan Polri siap mengamankan konferensi yang akan dihadiri oleh beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan itu.

Komandan Satgas Penerangan Komando Gabungan Pengamanan (Kogabpam) VVIP KTT IORA 2017, Letkol Laut (KH) Edys Riyanto mengatakan jumlah kekuatan TNI dan Polri yang terlibat dalam pengamanan VVIP KTT IORA ke-20 sebanyak 12.000 prajurit terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri.

Sedangkan beberapa Alutsista yang dikerahkan untuk mendukung pengamanan jalannya KTT antara lain Heli Bell 412, Panser Anoa, kendaraan khusus Jihandak, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Sea Rider serta Pesawat Boing 737- 400, Pesawat Hercules C-130 VIP, Pesawat C-295, Heli NA S-332 VIP, Heli NA S-332, Heli SA-330 dan Heli EC-120B.

Menurut Edys, penjagaan ketat dilaksanakan di pintu masuk stadion Gelora Bung Karno yang berada di kawasan JCC Senayan, Jakarta Pusat. Sejumlah aparat gabungan dari TNI dan Polri dengan bersenjata lengkap termasuk melibatkan anjing pelacak terlihat berjaga di beberapa titik pintu masuk kawasan JCC tempat berlangsungnya Konfrensi Tingkat Tinggi IORA ke-20 tahun 2017.

Selain itu pengamanan juga dilaksanakan di bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma Jakarta sebagai tempat kedatangan serta Hotel tempat menginap para tamu Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan yang mengikuti kegiatan KTT IORA ke-20 tahun 2017.

Edys menjelaskan KTT IORA ke-20 rencananya dihadiri oleh 14 Kepala Negara dan Pemerintahan, 8 organisasi internasional, dan 7 negara mitra wicara.

Kegiatan ini merupakan kegiatan berskala internasional yang diikuti negara-negara pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.(fri/jpnn)


Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Assosiation (IORA) ke-20 tahun 2017 digelar di Jakarta Convention Center (JCC) mulai hari ini, 5


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News