12 Ribu Warga Siap Mengungsi

Setelah Merapi Berstatus Siaga

12 Ribu Warga Siap Mengungsi
12 Ribu Warga Siap Mengungsi
BOYOLALI - Pemkab Boyolali langsung mengambil langkah setelah status Gunung Merapi naik dari waspada menjadi siaga kemarin (22/10). Pemkab siap mengevakuasi sedikitnya 12 ribu penduduk yang bermukim di lereng Gunung Merapi. Warga di lokasi rawan bencana  itu sudah diminta pemkab mengemasi barang-barang berharga mereka untuk dibawa ke pengungsian yang berlokasi  di Lapangan Samiran, Kecamatan Selo. Tempat tersebut kemarin sudah disiapkan anggota Kodim 0274 Boyolali.

"Warga lima desa di Kecamatan Selo sudah siap mengungsi," kata Kasubbid Penyelamatan dan Rehabilitasi Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol dan Linmas) Boyolali Bambang Tri Joko di sela pengecekan lapangan kemarin (22/10).

Lima desa itu adalah Tlogolele, Klakah, Jrakah, Lencoh, dan Samiran. Daerah tersebut termasuk kawasan rawan bencana (KRB) letusan Merapi. "Yang terkena dampak letusan paling parah di ring I atau KRB III, yakni Tlogolele dan Klakah," paparnya. Menurut Bambang, yang terkena dampak letusan Merapi bukan hanya wilayah Kecamatan Selo, tapi juga sebagian Kecamatan Musuk dan Cepogo. Namun, desa-desa itu masuk ring II sehingga tidak langsung terkena dampak parah letusan Merapi. Diprediksi, wilayah tersebut hanya akan terkena hujan abu. "Di ring I bisa terkena lelehan lava. Jadi, sangat berbahaya," jelasnya.

Pemkab memang tidak mau mengambil risiko atas warga yang berada di KRB I. Sebab, sewaktu-waktu, kondisi Merapi bisa meningkat cepat menjadi awas. "Kalau statusnya sudah awas, semua warga harus mengungsi," tegasnya.

BOYOLALI - Pemkab Boyolali langsung mengambil langkah setelah status Gunung Merapi naik dari waspada menjadi siaga kemarin (22/10). Pemkab siap mengevakuasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News