124 Juta Rakyat Tinggal di Daerah Rawan Bencana

124 Juta Rakyat Tinggal di Daerah Rawan Bencana
124 Juta Rakyat Tinggal di Daerah Rawan Bencana
JAKARTA - Banjir kembali membawa duka diakhir tahun. Hujan yang turun sejak Jumat malam hingga Sabtu dini hari kemarin membuat ribuan rumah di Pandeglang, Banten, dan Tegal, Jawa Tengah terendam banjir.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sedikitnya 5.500 rumah terendam di dua lokasi tersebut. Rinciannya, 3.500 rumah di Pandeglang yang tersebar di enam desa yakni Desa Idaman, Cimoyan, Ciawi, Surianeun, Patia, dan Rahayu. Sedangkan di Tegal diperkirakan ada dua ribu kepala keluarga yang rumahnya terendam banjir. "Ketinggian air mencapai 1 " 1,5 meter," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Terkait banjir di Tegal, Sutopo menyebutkan lokasinya ada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Suradadi. Banjir tersebut berasal dari luapan kali Cenang yang ada di dekat desa tersebut. Hingga kemarin sore upaya penanganan darurat dengan membangun tiga posko masih dilakukan.

Sehari sebelumnya, Jumat (28/12), banjir juga terjadi di Desa Duhkuwringin, Kecamatan Slawi, Tegal. Namun genangan air yang merendam banyak rumah tidak berlangsung lama. "Banjir karena luapan kali Susukan mulai menggenangi pukul 23.00, dan surut sekitar Sabtu pukul 01.00," imbuhnya.

JAKARTA - Banjir kembali membawa duka diakhir tahun. Hujan yang turun sejak Jumat malam hingga Sabtu dini hari kemarin membuat ribuan rumah di Pandeglang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News