Banyak Bencana, Parpol Jangan Jor-Joran Bendera

Imbauan IDI Terhadap Kebiasaan Tanggap Darurat

Banyak Bencana, Parpol Jangan Jor-Joran Bendera
Daerah Pulau Pandan, Kelurahan Legok ,Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, sudah lebih dari 4 minggu terendam Banjir, hingga saat Kamis (27/12). Banjir menurut warga adalah kiriman dari aliran Air Kabupaten Bungo.Foto: Eddy Junaedy/Jambi Independent
JAKARTA - Pemerintah melansir jika awal 2013 Indonesia akan dikepung bencana alam. Kebetulan juga 2013 dicap sebagai tahun politik, karena mendekati Pemilu 2014. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta partai politik (parpol) tidak jor-joran memasang bendera atau spanduk di lokasi bencana.

Warning untuk parpol ini mengemuka dalam paparan bidang tanggap darurat pengurus besar (PB IDI) di Jakarta kemarin (29/12). Ketua bidang tanggap darurat PB IDI dr Kamaruddin Askar mengatakan, kecenderungan penangangan bencana di Indonesia tidak terorganisir.

"Masyarakat yang melaksanakan tanggap darurat bencana berjalan sendiri-sendiri," kata dia. Askar mengatakan jika potensi bencana alam 2013 bakal terjadi diantaranya di sepanjang pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Askar mengatakan jika selama ini koordinasi di lokasi bencana sangat lemah. Akibatnya masyarakat yang menjadi korban bencana alam justru bingung dan tidak tertangani secara efektif. Selain itu juga bantuan obat-obatan dan logistik dari masyarakat lainnya tidak bisa tersalurakan dengan baik.

JAKARTA - Pemerintah melansir jika awal 2013 Indonesia akan dikepung bencana alam. Kebetulan juga 2013 dicap sebagai tahun politik, karena mendekati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News