129 Warga Keracunan Nasi Kotak

129 Warga Keracunan Nasi Kotak
Sebagian warga Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi yang mengalami gejela keracunan seusai menyantap nasi kotak terpaksa harus mendapatkan perawatan di Pos Kamling. ANTARA/Aditya Rohman

jpnn.com, SUKABUMI - Syukuran kepulangan warga seusai beribadah haji menjadi malapetaka.

Sebanyak 129 warga Desa Purwasedar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, keracunan nasi kotak yang diberikan saat acara syukuran.

"Warga yang diduga alami keracunan nasi kotak di Kecamatan Ciracap tersebut sementara ini sebanyak 129 orang," kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciracap Dadang Priatna, Jumat.

Dari jumlah tersebut, kata Dadang, tinggal delapan orang yang dirawat di Puskesmas Ciracap, sementara delapan lainnya dirujuk ke RSUD Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.

Informasi dari berbagai sumber menyebutkan keracunan massal tersebut berawal saat acara syukuran pasangan suami istri warga Kampung Ciceuri, RT 012/ 003, Desa Purwasedar pada hari Kamis (28/7) sekitar pukul 16.00 WIB. Pasangan ini mengundang sekitar 150 warga.

Warga yang mengikuti acara syukuran tersebut pun saat pulang mendapat bingkisan berupa nasi kotak dengan menu nasi putih, ayam goreng serundeng, mi goreng, dan lainnya.

Seusai acara tersebut, sebagian warga menyantap nasi kotak tersebut di lokasi.

Setelah menyantap menu nasi kotak tersebut, mereka tidak merasakan adanya gejala keracunan.

Warga yang mengalami keracunan nasi kotak merasakan mual, pusing, bolak-balik buang air, dan muntah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News