13 ABK Positif COVID-19, KM Ciremai Berhenti Beroperasi 14 Hari

13 ABK Positif COVID-19, KM Ciremai Berhenti Beroperasi 14 Hari
KM Ciremai (kiri) melintas di Selat Madura saat KM Gunung Dempo (kanan) akan bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Foto: ANTARA/Didik Suhartono/hp.

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 13 orang anak buah kapal KM Ciremai dinyatakan terjangkiti COVID-19 usai menjalani pemeriksaan kesehatan serta rapid test di Ruang Tunggu Terminal Penumpang Nusantarapura Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (22/4).

"Saat ini para ABK tersebut telah mendapatkan perawatan medis di rumah sakit," kata Kepala Kesekretariatan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Sedangkan 101 kru lainnya yang terindikasi negatif akan melakukan isolasi secara mandiri di atas kapal dengan pengawasan yang ketat dari manajemen dan KKP Tanjung Priok.

Selama melaksanakan isolasi di atas kapal, seluruh kru telah diinstruksikan untuk tetap melaksanakan pola hidup bersih dan sehat sesuai yang dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan, serta memanfaatkan waktu berlabuh atau portstay untuk mengatur pola aktivitas dan istirahat guna meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh di tengah pandemi COVID-19.

Yahya menambahkan manajemen terus meningkatkan pengawasan terhadap kesehatan seluruh petugas kapal (nakhoda dan ABK) sesuai dengan pelaksanaan standar operasional prosedur (SOP) dalam hal penanganan COVID-19 pada seluruh armada kapalnya.

Manajemen juga akan terus memantau perkembangan kesehatan seluruh kru setiap harinya.

Kapal direncanakan akan melakukan portstay dan karantina selama 14 hari ke depan dan akan dievaluasi perkembangannya kemudian.

Saat ini posisi kapal tengah berlabuh (portstay) di Luar Dam Pelabuhan Tanjung Priok.

Sebanyak 13 orang anak buah kapal (ABK) KM Ciremai dinyatakan terjangkiti COVID-19 usai menjalani pemeriksaan kesehatan serta rapid test di Ruang Tunggu Terminal Penumpang Nusantarapura Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (22/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News