14 Desa di Purwakarta Waspada Longsor

14 Desa di Purwakarta Waspada Longsor
14 Desa di Purwakarta Waspada Longsor

jpnn.com - PURWAKARTA - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Purwakarta melansir sedikitnya 14 Desa di wilayah setempat waspadai bencana longsor saat musim penghujan datang.

Kepala Dinas ESDM, Kabupaten Purwakarta, Tarsamana Wawan Setiawan mengatakan, kendati hujan yang turun di wilayah kerjanya belum terlalu intens, tapi jajarannya sudah jauh-jauh hari mewaspadai bencana yang diakibatkan pergantian musim ini.

"Bencana longsor, termasuk yang terus kami waspadai saat datangnya musim hujan. Dari pemetaan kami, ada 14 desa yang rawan longsor," ujarnya kepada Pasundan Ekspres (JPNN Grup), Jumat (7/11).

Adapun, lanjut Wawan, 14 desa itu, antara lain Desa Cianting, Sukajaya, Cijantung dan Panyindangan di Kecamatan Sukatani.  Kemudian, Desa Sukadami, Ciawi dan Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa.

Selain itu, Desa Salam Mulya Kecamatan Pondoksalam. Desa Parakan Lima dan Cisalada Kecamatan Jatiluhur. Desa Sawit Kecamatan Darangdan. Desa Ciherang, Cidahu, dan Kertajaya Kecamatan Pasawahan.

"Tak hanya di 14 desa, dua kelurahan yang terdapat di Kecamatan Purwakarta pun masuk pemetaan daerah rawan longsor. Masing-masing, Kelurahan Sindangkasih, dan Nagri Kidul," paparnya.

Pihak dinas, lanjut Wawan, telah melakukan pengawasan secara intensif di wilayah-wilayah tersebut. Apalagi, bencana musiman ini kerap terjadi di wilayah itu saat pergantian musim (kemarau-hujan).

"Jika menilik dari kondisi Kabupaten Purwakarta yang sebagian wilayahnya terdiri dari tanah lempung sangatlah berpotensi terjadi longsor saat musim hujan," imbuhnya.

PURWAKARTA - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Purwakarta melansir sedikitnya 14 Desa di wilayah setempat waspadai bencana longsor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News