15 PTN Terbaik 2020 versi Kemendikbud, Ada 2 yang Melejit

15 PTN Terbaik 2020 versi Kemendikbud, Ada 2 yang Melejit
Dirjen Dikti Kemendikbud Prof Nizam dalam diskusi daring. Foto: tangkapan layar/mesya

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan daftar nama 15 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) terbaik yang tergabung di dalam kluster satu perguruan tinggi di Jakarta, Senin (17/8).

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Nizam menegaskan bahwa klasterisasi perguruan tinggi bukanlah sebuah kompetisi maupun pemeringkatan.

"Melainkan untuk mengelompokkan perguruan tinggi sesuai dengan level perkembangannya, dan kemudian untuk dilakukan pembinaan, " katanya dalam taklimat media secara daring di Jakarta, Senin.

Nizam menambahkan klasterisasi perguruan tinggi tersebut bertujuan untuk mengetahui capaian dan kekurangan perguruan tinggi, agar bisa melakukan peningkatan mutu perguruan tinggi secara terus-menerus.

"Karena mutu itu tidak ada batasnya. Di atas yang terbaik, pasti akan selalu ada perbaikan, " katanya.

Dia menambahkan Kemendikbud membagi klaster perguruan tinggi tersebut menjadi lima klaster.

Klaster tertinggi adalah klaster satu. Pengelompokan perguruan tinggi tersebut tidak membedakan perguruan tinggi negeri maupun swasta.
Nizam menambahkan perguruan tinggi yang berada di kluster diharapkan dapat membina perguruan tinggi di bawahnya atau yang berada di kluster dua hingga lima.

Dibandingkan tahun sebelumnya, terdapat peningkatan jumlah perguruan tinggi yang berada di kluster satu.

Berikut ini daftar nama 15 PTN terbaik 2020 yang diumumkan Kemendikbud, yang menggunakan istilah kluster satu perguruan tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News