1500 Km Rel KAI Tak Berfungsi

1500 Km Rel KAI Tak Berfungsi
1500 Km Rel KAI Tak Berfungsi

jpnn.com - JAKARTA—Harusnya Indonesia memiliki kurang lebih 6000an km rel kereta api. Sayangnya karena permasalahan teknis, rel kereta api yang berfungsi sekarang hanya 4600 km. Demikian diungkapkan Dirjen Perkeretaapian Wendy Aritenang.

"Kita sebenarnya punya banyak rel kereta api, tapi banyak yang tidak berfungsi," ujarnya.

Sampai saat ini ada 1500 km rel kereta api yang 'mati suri' menunggu dioperasionalkan lagi. Meski cukup banyak anggaran yang akan digunakan untuk memperbaiki rel kereta tersebut, namun pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana menghidupkan beberapa jalur kereta api yang selama ini tidak digunakan.

"Sasaran kita yang pertama di Jakarta, Jawa, Sumatera. Selain rel kereta yang tak berfungsi paling banyak di sana juga daerah tersebut cukup potensial. Banyak yang menggunakan sarana kereta api sebagai jalur transportasi utama," tukasnya.

Sebagai permulaan, tahun depan PT KAI akan membuka jalur kota-Priok. Sebelumnya, jalur ini pernah ada hanya saja karena masalah teknis kemudian ditutup.

"Dibukanya jalur Kota-Prio pada Januari 2009, merupakan awal dari seriusan PT KAI dan pemerintah mengaktifkan jalur-jalur kereta api di Indonesia," cetus Wendy. (esy)

 

JAKARTA—Harusnya Indonesia memiliki kurang lebih 6000an km rel kereta api. Sayangnya karena permasalahan teknis, rel kereta api yang berfungsi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News