16 Perusahaan Sudah Mulai Lakukan PHK

16 Perusahaan Sudah Mulai Lakukan PHK
Buruh. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - TANGSEL - Sebanyak 16 perusahaan di Kota Tangerang Selatan  mulai mengambil langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawannya.

Dari data Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Tangsel, ada 43 karyawan dari 16 perusahaan yang kena PHK. Dalih perusahaan melakukan PHK, lantaran terjadinya krisis ekonomi.

"Rata-rata perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja karena imbas dari pelemahan ekonomi tanah air," kata Kepala Dinsosnakertrans Kota Tangsel, Purnama Wijaya saat ditemui di Serpong, Kamis (1/10).

Ia berharap, pemutusan hubungan kerja tidak terus terjadi di Kota Tangsel. Krisis ekonomi, tidak boleh dijadikan alasan perusahaan untuk melakukan PHK kepada pegawainya.

"Kalaupun perusahaan harus melakukan pemberhentian (PHK), tolong dijaga keharmonisan, penuhi hak-hak pegawainya sehingga tidak timbul gejolak dikemudian hari," katanya.

Ketua Komisi II DPRD Tangsel, Bambang Triyadi menyesalkan adanya PHK yang dilakukan oleh beberapa perusahaan,

"Seharusnya perusahaan harus bisa mengefisiensi atau penghematan-penghematan di berbagai sektor, namun tidak mengefisiensikan pegawainya (pemecatan)," ungkap Bambang.

Namun, imbaunya, buruh pun juga harus mengerti kondisi yang dihadapi perusahaan. "Dengan kondisi seperti ini, buruh jangan banyak menuntut. Jika banyak tuntutan perusahaan akan bangkrut," pungkasnya. (iwa/sam/jpnn)

TANGSEL - Sebanyak 16 perusahaan di Kota Tangerang Selatan  mulai mengambil langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawannya. Dari data Dinas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News