17.516 Pengungsi Sinabung Sudah Pulang ke Rumah

17.516 Pengungsi Sinabung Sudah Pulang ke Rumah
17.516 Pengungsi Sinabung Sudah Pulang ke Rumah

jpnn.com - JAKARTA - Deputi Penanganan Darurat Bencana BNPB, Tri Budiarto mengatakan, 17.516 jiwa warga dari 16 desa yang mengungsi sejak Desember 2013 lalu akibat erupsi Gunung Sinabung telah dipulangkan ke rumah masing-masing. Belasan ribu pengungsi yang dipulang itu bertempat tinggal di perkampungan dalam radius 5 kilometer lebih dari puncak Sinabung.

"Mereka mengungsi sejak Desember 2013 sampai Januari 2014. Secara bertahap sejak 14 Februari kemarin sudah kami pulangkan ke 16 desa," kata Tri Budiarto yang mendapat tugas mengawal pemulangan pengungsi Sinabung, Rabu (26/2).

Menurutnya, pemulangan ribuan pengungsi itu melalui proses yang panjang sehingga warga bersedia meninggalkan pengungsian. Bahkan, sebelum itu, petugas TNI/Polri dan Pemda Karo sudah lebih dulu membersihkan perkampungan mereka dari material erupsi Sinabung.

Budianto menegaskan, pemulangan warga 16 desa ini dilakukan setelah melihat kondisi Sinabung. Sementara untuk pengungsi dari perkampungan dalam radius radius 0-3 km dari puncak Sinabung memang harus direlokasi. Sedangkan untuk pengungsi di radius 3-5 kilometer dari pusat letusan masih di pengungsian dan harus menunggu perkembangan erupsi Sinabung.

Ditambahkan, saat ini sedang dilakukan pendataan terhadap rumah-rumah yang rusak dan butuh perbaikan atap yang berlobang akibat material letusan. “Sudah ada stok 10 ribu lembar seng gelombang. memang jumlah ini masih jauh dari kebutuhan," katanya.(fat/jpnn)

JAKARTA - Deputi Penanganan Darurat Bencana BNPB, Tri Budiarto mengatakan, 17.516 jiwa warga dari 16 desa yang mengungsi sejak Desember 2013 lalu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News