18 Karya TIK Indonesia Siap Berlaga di Kompetisi AICTA 2023

18 Karya TIK Indonesia Siap Berlaga di Kompetisi AICTA 2023
Salah satu pemenang dari 18 karya TIK Indonesia yang siap berlaga di tingkat ASEAN. Foto Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) memberikan penghargaan untuk karya terpilih kompetisi Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK).

Tercatat sebanyak 18 karya TIK Indonesia yang terpilih dalam Penganugerahan IdenTIK 2022 yang dilaksanakan di Bandung, baru-baru ini.

Kegiatan ini merupakan puncak kompetisi IdenTIK yang diselenggarakan untuk mengapresiasi karya terpilih dari enam kategori IdenTIK, yaitu Startup Company, Private Sector, Public Sector, Corporate Social Responsibility (CSR), Research and Development (RnD), dan Inovasi Teknologi Konten Digital.

Bonifasius Wahyu Pudjianto selaku Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo mengungkapkan total pendaftar dalam kompetisi IdenTIK 2022 adalah 190 karya yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia.

Berdasarkan kurasi, telah terpilih 18 karya pemenang yang meraih peringkat tiga besar pada masing-masing kategori akan memperoleh kesempatan untuk mengikuti kompetisi regional ASEAN ICT Awards (AICTA) pada 2023 mendatang.

Menurut The Global Startup Ecosystem Report 2022 oleh Startup Genome, Jakarta telah memproduksi sebanyak 7 startup di tingkat unicorn selama 10 tahun terakhir hingga 2021.

Selain itu, berdasarkan laporan Startup Ranking, Indonesia termasuk dalam peringkat 10 besar negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia, yaitu 2.437 startup.

Melihat potensi perusahaan rintisan Indonesia, Direktorat Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo menyelenggarakan program IdenTIK sebagai salah satu strategi mengembangkan ekosistem digital Indonesia.

Sebanyak 18 karya TIK Indonesia siap berlaga di tingkat ASEAN. Mereka dipersiapkan Kemenkominfo ke kompetisi AICTA 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News