JPNN.com

2 Hal Penting dalam Memilih BBM Berkualitas, Simak Nih!

Sabtu, 06 Maret 2021 – 17:56 WIB
2 Hal Penting dalam Memilih BBM Berkualitas, Simak Nih! - JPNN.com
Ilustrasi pengisian BBM ke kendaraan. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat terus didorong untuk peduli menggunakan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas yang tepat.

Pasalnya, bahan bakar yang digunakan sangat berpengaruh pada performa kendaraan serta lingkungan. Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam memilih BBM berkualitas.

Menurut Direktur Eksekutif Institute for Essential Service Reform (IESR), Fabby Tumiwa, pertama angka Research Octane Number (RON) untuk bensin dan Cetane Number (CN) untuk disel/solar sesuai dengan kebutuhan mesin.

"Kedua, harus mulai menengok kandungan sulfur dalam emisi gas buang yang dihasilkan dari setiap produk BBM guna mengurangi polusi udara," tambahnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu (6/3).

Fabby menjelaskan, persoalan penggunaan BBM yang tidak berkualitas disebabkan masih banyaknya produk bahan bakar di pasar dengan angka RON atau CN rendah atau belum sesuai standar EURO.

“Tetangga kita Myanmar, hanya ada tiga produk BBM dengan RON terendah 91, Vietnam hanya dua produk dengan RON terendah 92. Sedangkan di Indonesia, ada enam produk dengan RON terendah 88 yakni Premium."

"Selain terlalu banyak, standar RON juga tidak sesuai standar EURO 4 minimal RON 91, Indonesia masih sangat jauh tertinggal,” sambungnya lagi.

Menurut Fabby, varian produk yang banyak juga memunculkan variasi harga yang signifikan, sehingga tanpa edukasi tepat dan berkelanjutan, masyarakat akan lebih memilih produk dengan harga paling murah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...