2 Juta Orang Hadiri Haul Guru Sekumpul

2 Juta Orang Hadiri Haul Guru Sekumpul
Haul Guru Sekumpul. Dokumentasi Foto: Antara/Bayu Pratama

jpnn.com, BANJARBARU - Haul Akbar ke-18 Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul dihadiri dua juta orang.

Setiap tahun peringatan wafat atau haul Guru Sekumpul menyedot perhatian masyarakat dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan hingga luar daerah.

"Jumlah jamaah yang jutaan orang tersebut diperhitungkan dari banyaknya jamaah dari kawasan Sekumpul hingga Bundaran Simpang Empat Banjarbaru dengan radius sekitar dua kilometer," kata Kapolres Banjar AKBP Ifan Hariyat di Martapura, Kalimantan Selatan, Senin.

Dikatakannya, sebaran jemaah ke arah Bundaran Simpang Empat itu baru satu arah, belum lagi jemaah yang mengarah ke pusat Kota Martapura, hingga Jalan Menteri Empat yang jaraknya juga mencapai dua kilometer.

Menurut Kapolres, jemaah baik perorangan maupun berkelompok mulai berdatangan ke Martapura sejak pagi menggunakan moda baik roda dua, roda empat hingga bus yang berasal dari berbagai daerah.

"Jemaah berdatangan dari berbagai penjuru dengan satu titik tujuan yakni kawasan Sekumpul khususnya Mushalla Ar-Raudhah yang menjadi pusat haul sekaligus makam Guru Sekumpul," ungkapnya.

Dikatakannya, banyaknya jemaah yang berusaha mendekati pusat haul disikapi dengan penutupan ruas Jalan Sekumpul dari kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang tidak diperbolehkan masuk.

Penutupan jalan dilakukan Minggu sejak pukul 11.00 WITA sehingga jemaah hanya bisa jalan kaki menuju pusat haul dan kendaraannya ditinggalkan di kantong-kantong parkir yang telah disiapkan panitia.

Haul Akbar ke-18 Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul dihadiri dua juta orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News