JPNN.com

2 Kali Operasi, Bea Cukai Pekanbaru Sita 45 Ribu Batang Rokok Ilegal

Senin, 29 Maret 2021 – 17:33 WIB
2 Kali Operasi, Bea Cukai Pekanbaru Sita 45 Ribu Batang Rokok Ilegal - JPNN.com
Bea Cukai kian gencar menekan peredaran rokok ilegal. Selain lewat penindakan, Bea Cukai rutin menggelar operasi pasar. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, PEKANBARU - Bea Cukai Pekanbaru menyita puluhan ribu batang rokok ilegal melalui dua operasi pengawasan yang digencarkan akhir Maret 2021.

Kepala Kantor Bea Cukai Pekanbaru Prijo Andono mengatakan petugas  menggelar operasi pasar ke berbagai toko di sekitar Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru, Riau, pada 25-26 Maret 2021.

“Tim petugas melakukan pemeriksaan terhadap rokok yang dijual ke masyarakat seperti pengecekan keaslian pita cukai, hingga kesesuaian pita cukai yang melekat dengan jenis yang ada,” ujar Prijo.

Pada operasi itu, tim Bea Cukai menyita 37.760 batang rokok ilegal berbagai merek.

Petugas  melakukan penarikan rokok tersebut dari toko untuk dibawa ke kantor Bea Cukai Pekanbaru.

Prijo mengatakan, selain melakukan pengecekan terhadap rokok-rokok yang dijual oleh pemilik toko, tim operasi pasar Bea Cukai Pekanbaru juga memberi edukasi kepada para penjual, maupun masayarakat sekitar tentang cara membedakan rokok ilegal dan legal.

Sisi lain, tim petugas juga melakukan penyitaan terhadap 8.000 batang rokok tanpa dilekati pita cukai dalam satu karton yang akan dikirimkan oleh pelaku melalui perusahaan jasa titipan.

Penindakan penyelundupan rokok ilegal ini dilakukan di Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau,  Kamis (26/3) sore.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...