20.000 Ton Beras Vietnam Masuk Banyuwangi

20.000 Ton Beras Vietnam Masuk Banyuwangi
Beras

jpnn.com, BANYUWANGI - Kapal MV Vinaship Diamond yang mengangkut 20.000 ton beras bersandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jatim Kamis lalu.

Kapal berbendera Vietnam dengan panjang 153,3 meter dan GT 14.397 yang membawa beras dalam kemasan bag kargo itu melakukan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Wangi.

Sebelum beras diturunkan, dilakukan pengecekan dokumen maupun segel barang secara bersama.

Pengecekan dokumen dilakukan instansi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banyuwangi; Bulog; Bea Cukai; Balai Karantina Pertanian, Kesyahbandaran, dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Wangi; serta agen Sucofindo Kamis lalu (22/2).

General Manager (GM) PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Wangi Lina Ratnasari menjelaskan, Jawa Timur mendapatkan alokasi pembongkaran beras impor sebanyak 150.000 ton.

Dengan perincian, di Pelabuhan Tanjung Perak sebanyak 130.000 ton dan Pelabuhan Tanjung Wangi sebanyak 20.000 ton.

"Beras tersebut akan didistribusikan kembali ke beberapa wilayah di Indonesia bagian timur dengan kapal berukuran lebih kecil," ujar Lina kemarin.

Untuk mendukung percepatan pelaksanaan kegiatan bongkar beras tersebut, sebagai badan usaha pelabuhan (BUP), PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Wangi telah melakukan persiapan jauh hari sebelumnya.

Beras Vietnam akan didistribusikan kembali ke beberapa wilayah di Indonesia bagian timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News