2011, Persalinan di RSUD Gratis

2011, Persalinan di RSUD Gratis
2011, Persalinan di RSUD Gratis
JAKARTA -- Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, mulai tahun depan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menggratiskan biaya gratis persalinan di seluruh  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kelas III dan juga pelayanan Puskesmas.

“Untuk rencana tahun depan (2011), seluruh persalinan akan ditanggung oleh pemerintah khususnya di pelayanan kelas 3 RSUD dan Puskesmas,” ungkap Menteri Kesehatan (menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih ketika ditemui usai usai acara Sekolah Sehat 2010 di gedung Kemenkes, Jakarta, Kamis (19/8).

Sebagai langkah awal, lanjut Menkes, program ini akan diberlakukan bagi seluruh pasien bersalin. Namun, untuk tahun selanjutnya maka Kemenkes akan menetapkan prosedur yang harus ditaati oleh pasien bersalin. “Nanti prosedurnya akan diberitahukan lebih lanjut dan berlaku mulai tahun 2012,” imbuh Menkes.

Dikatakan, untuk program pelayanan persalinan gratis ini hanya berlaku untuk dua anak pertama saja. Untuk anak ketiga dan seterusnya, terang Menkes, tetap akan dikenakan biaya. Menurutnya, hal ini dilakukan guna menekan angka  persalinan di Indonesia.

JAKARTA -- Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, mulai tahun depan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menggratiskan biaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News