2012, Pembebasan Lahan Trans Jawa Kelar

Rp 3,8 Triliun Segera Cair

2012, Pembebasan Lahan Trans Jawa Kelar
2012, Pembebasan Lahan Trans Jawa Kelar
JAKARTA - Pembebasan lahan untuk jalan tol Trans Jawa segera selesai akhir 2012. Itu ditegaskan oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak. Dia mengatakan, dana sekitar Rp 3,8 triliun segera cair tahun ini dan akan digunakan untuk pembebasan lahan.

’’Pembebasan lahan segera dilakukan sepenuhnya sehingga akhir 2012 selesai dibebaskan semuanya,’’ kata Hermanto di Jakarta, Rabu (30/3). Dia menyebutkan beberapa metode pembebasan lahan yang umumnya dilakukan bisa dengan standar landcapping, penggantian berupa bangunan, tanaman, tanah, atau benda-benda yang berhubungan dengan tanah.

Menurut Hermanto, pemerintah telah menyiapkan dana pembebasan lahan sedikitnya Rp 3,8 triliun. ’’Dana bisa cair tahun ini, kita tunggu saja,’’ harapnya.

Saat ini beberapa ruas yang tengah digarap dan pembebasan lahannya baru mencapai di atas 50 persen hanya ruas Mojokerto-Kertosono, Mojokerto-Surabaya, dan Cikampek-Palimanan. Sementara Palimanan-Benteng baru 3 persen. ’’Secara bertahap kita bebaskan lahannya, jadi lahan bebas langsung bangun dan seterusnya,’’ tutur Hermanto.

JAKARTA - Pembebasan lahan untuk jalan tol Trans Jawa segera selesai akhir 2012. Itu ditegaskan oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News