2012, PLN Operasikan Dua PLTU Baru di Babel

2012, PLN Operasikan Dua PLTU Baru di Babel
2012, PLN Operasikan Dua PLTU Baru di Babel
BELITUNG - PT PLN pada 2012 mendatang sudah tidak lagi menggunakan bahan bakar minyk untuk menggerakkan pembangkit yang memasok kebutuhan listrik di wilayah Bangka Belitung. Sebab, PLN akan segera mengoperasikan dua unit pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Bangka berkapasitas 2x30 Megawatt dan PLTU Belitung 16,5 MW yang merupakan bagian dari proyek pembangkit 10.000 MW tahap I.

"Tahun depan untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan, PLN wilayah Babel tak lagi mengandalkan pembangkit berbahan bakar minyak. Dua unit PLTU dengan total 76,5 MW yang dibangun di Bangka dan Belitung akan beroperasi," kata Direktur Operasi Indonesia Barat PT PLN, Harry Jaya Pahlawan, Jumat (17/6).

Dengan beroperasinya pembangkit berbahan bakar batubara, kata Harry, maka PLN bakal melakukan penghematan yang cukup besar. Sebab, biaya operasi pembangkit menjadi lebih murah dibandingkan bahan bakar minyak.

"Saat ini total kebutuhan pasokan listrik wilayah Babel mencapai 29 MW, seluruhnya menggunakan minyak. Bayangkan saja jika ini diganti dengan batubara yang jauh lebih murah operasionalnya," ungkap Harry.

BELITUNG - PT PLN pada 2012 mendatang sudah tidak lagi menggunakan bahan bakar minyk untuk menggerakkan pembangkit yang memasok kebutuhan listrik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News