2012 Tarakan Punya Bandara Modern

2012 Tarakan Punya Bandara Modern
2012 Tarakan Punya Bandara Modern
TARAKAN - Kepala Bandara Juwata Tarakan Husni Djau menargetkan 2012 wajah bandara akan berubah total. Hal ini terkait dengan pembangunan terminal baru lantai tiga yang akan dilengkapi garbarata (fasilitas seperti jembatan yang menghubungkan antara terminal bandara menuju pesawat).

Salah satu bandara Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dikelola Departemen Perhubungan (Dephub) ini juga sedang mempersiapkan lahan untuk lokasi pembangunan tower, gedung radar, gedung operasional dan beberapa fasilitas lainnya dengan luas lahan yang sekitar 30 hektare.“Saat ini kami sedang melakukan pematangan lahan. Insya Allah awal 2010 mendatang semua fasilitas tersebut akan mulai dibangun. Begitu juga runway (landasan pacu) baru saat ini juga masih dalam tahap pematangan lahan,” kata Husni Djau.Ia juga menyampaikan, bangunan lama yang dianggap mengganggu penerbangan akan diratakan seperti kantor operasional, tower dan yang lainnya.

”Semua bangunan yang diratakan akan dipindahkan di tempat yang baru. Tepatnya di belakang Kantor Karantina Hewan, sementara lokasi lama akan dijadikan apron (tempat parkir pesawat terbang),” sebutnya.Sementara terkait dengan anggaran yang disediakan pengembangan bandara untuk dua tahun mendatang, Husni belum bisa memastikan. Namun menurut mantan kepala Bandara Jalaluddin Gorontalo itu, dalam pembangunan bandara ini selain anggaran disiapkan dari pemerintah pusat, juga disiapkan dari provinsi. Proyek yang didanai APBD Kaltim dimaksud seperti pembangunan apron yang bisa menampung sekitar 14 pesawat berbadan lebar.

”Saya belum tahu pasti berapa besar anggarannya. Namun yang pasti pembangunan bandara juga dibantu provinsi,” ujar Husni Djau.Selain pengembangan fasilitas bandara, Husni juga menargetkan kedepannya Bandara Juwata juga akan menjadi bandara kargo internasional. Ia menjelaskan, jika selama ini produk perikanan Tarakan yang diekspor melalui Jakarta dan Surabaya, ke depannya langsung ke negara tujuan. Husni optimis, jika rencana ini dapat terealisasi  diyakini roda perekonomian masyarakat Tarakan akan berputar dengan cepat.”Sehingga kami mengharapkan dukungan dari semua masyarakat Tarakan,” kata Husni Djau.(ian)

TARAKAN - Kepala Bandara Juwata Tarakan Husni Djau menargetkan 2012 wajah bandara akan berubah total. Hal ini terkait dengan pembangunan terminal


Redaktur & Reporter : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News