2018, Semua SMPN Kota Bekasi Sudah Terapkan UNBK

2018, Semua SMPN Kota Bekasi Sudah Terapkan UNBK
Siswa-siswi SMA mengikuti UNBK. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi menargetkan tahun depan, tingkat SMPN di Kota Bekasi sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) seluruhnya.

Sebab saat ini, dari 49 SMPN di Kota Bekasi, hanya ada satu SMP saja yang bisa melaksanakan UNBK tersebut karena telah dibekali perangkat komputer.

“Baru SMP Negeri 1 Kota Bekasi saja yang bisa melaksanakan UNBK di tahun ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi pada Kamis (7/9).

Ali mengatakan, seharusnya SMP Negeri sudah bisa menerapkan UNBK sejak beberapa tahun silam. Apalagi Kota Bekasi letaknya bersebelahan di sisi timur dari Ibu Kota DKI Jakarta. Selain itu, murid SMP juga dianggap bisa mengoperasikan perangkat lunak dan keras komputer.

“Anak jaman sekarang juga sudah bisa mengoperasikan internet dan teknologi lainnya,” ujarnya.

Ali menargetkan, pada 2018 semua SMP di Kota Bekasi sudah menerapkan UNBK. Karena itu, pihaknya ingin secara bertahap mengadakan perangkat komputer setiap tahun.

“Setahun minimal satu kelas, dari kebutuhan tiga kelas,” jelasnya.

Menurut Ali, ada beberapa keuntungan dalam penggunaan perangkat komputer saat Ujian Nasional (UN). Selain lebih efisien, keamanan lembar soal juga lebih terjaga. Bahkan petugas tidak perlu mengambil dan membawa lembar soal dari dinas ke sekolah.

Tahun depan seluruh SMPN Kota Bekasi ditargetkan sudah menerapkan UNBK pada saat ujian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News