2.073 WNI Overstayer Dipulangkan

2.073 WNI Overstayer Dipulangkan
2.073 WNI Overstayer Dipulangkan
JAKARTA -- Pemerintah Indonesia akan segera memulangkan sebanyak 2.073 orang WNI Overstayer/TKI Bermasalah dari Arab Saudi melalui 6 kloter pemulangan. Sesuai rencana, pemulangan WNI/TKI ini akan dilakukan pada 22 April 2011 mendatang dengan menggunakan kapal laut.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menerangkan, para TKI/WNI tersebut  terdiri dari 1.073 orang berasal dari TKI yang dikirim melalui  Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS), 126 orang anak-anak di bawah umur dan 251 orang bayi. Sedangkan sisanya sebanyak 623 orang atau sekitar 30, 05 persen ternyata merupakan jemaah umroh yang bekerja secara illegal.

“Selama tahun 2011 ini, Pemerintah direncanakan akan memulangkan 25.000 orang dengan perkiraan biaya mencapai sekitar Rp 128 miliar yang diambil dari hasil efiseinsi kementerian/lembaga sesuai hasil rapat yang dikoordinir Menko Kesra,” ungkap Muhaimin di dalam Rapat Kerja Gabungan dengan Tim Khusus DPR RI terhadap Penanganan TKI di Arab Saudi di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (4/4).

Muhaimin, yang akrab disapa Cak Imin ini, mengatakan, untuk ke depannya pemerintah akan terus memulangkan WNI overstayer/TKI-B dari Arab Saudi secara bertahap. Namun pemulangan selanjutnya akan dilakukan dengan lebih selektif dan tertib. “Pemerintah akan lebih selektif dalam memulangkan WNI/TKI dari Arab Saudi. Kita akan memprioritaskan para TKI, orang tua, orang yang sakit dan anak-anak dibandingkan dengan jemaah umroh yang ada di tempat penampungan,” tukasnya.

JAKARTA -- Pemerintah Indonesia akan segera memulangkan sebanyak 2.073 orang WNI Overstayer/TKI Bermasalah dari Arab Saudi melalui 6 kloter pemulangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News