21 Juta Warga Indonesia Punya Aplikasi KBBI, Kamu Sudah?

 21 Juta Warga Indonesia Punya Aplikasi KBBI, Kamu Sudah?
KBBI versi 5 Daring. Foto: Twitter

jpnn.com, JAKARTA - Sejak diluncurkannya KBBI versi 5 Daring pada 28 Oktober 2016 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, pencari dan pengguna kamus besar tersebut sudah mencapai lebih dari 21 juta orang.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunendar mengungkapkan, catatan yang dimiliki Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, dan juga Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kemenkoinfo) dengan melihat alamat dari laman pemerintah “go.id”, sampai hari ini alamat laman kbbi.kemdikbud.go.id menjadi nomor satu di Indonesia.

“Kalau dilihat rata-rata sekarang 23 sampai 24 ribu pencarian per hari dilakukan oleh semua, baik Warga Negara Indonesia maupun asing, tentunya paling banyak Indonesia. Ini semua hanya bisa terjadi di dunia digital,” ungkapnya dalam seminar leksikografi Indonesia (LSI), Jumat (3/8).

SLI kali ini mengambil tema “Leksikografi di Era Digital”. Tema ini dianggap sangat relevan dibicarakan karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi, sangat mewarnai kehidupan kita saat ini.

“Dapat dikatakan tidak ada satu aspek kehidupan pun saat ini yang tidak bersentuhan dengan teknologi,” tutur Dadang.

Dengan penyelenggaraan SLI, dia berharap memberikan masukan tentang cara penggunaan KBBI, dan membuat aplikasi daringnya semakin menarik. (esy/jpnn)


Kemendikbud berharap ada masukan tentang cara penggunaan KBBI dan membuat aplikasi daringnya semakin menarik.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News