21 Program Ganjar-Mahfud Lebih Realistis Ketimbang Makan Siang Gratis

21 Program Ganjar-Mahfud Lebih Realistis Ketimbang Makan Siang Gratis
Capres RI Ganjar Pranowo dan Cawapres RI Mahfud MD atau Ganjar - Mahfud. Foto/Arsip: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom CORE Akhmad Akbar Susanto mengatakan 21 program yang diusung pasangan calon presiden dan cawapres nomor urut 3 pada Pilpres 2024 Ganjar Pranowo-Mahfud MD lebih baik dan realistis ketimbang program makan siang gratis dari paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Sebanyak 21 program Ganjar agak mendingan kalau dibandingkan program Prabowo yang muter-muter soal makan siang. Itu masih perlu diuji gagasan detailnya,” kata Akbar pada wartawan, Rabu (27/12/2023).

Bicara besaran anggaran, Akbar mengingatkan anggaran pemerintah itu terbatas. Calon pemimpin harus realistis dalam membuat program dan sumber penganggaran jika mereka nanti terpilih menjadi presiden dan wakil presiden.

“Yang perlu diingat oleh masing-masing calon adalah anggaran pemerintah itu terbatas. Semestinya tidak terlalu mudah membuat janji yang tidak bisa direalisasikan,” kata Akbar.

Dia mengatakan anggaran dan program yang dimiliki paslon, sekali lagi harus realistis dan melihat kebutuhan masyarakat ke depan. Sebab ruang untuk memodifikasi anggaran sangat rendah.

“Sekadar contoh. Tahun 2024, total anggaran belanja dalam APBN hanya Rp 3.300-an triliun. Dari jumlah ini, hanya 28 persen yang bersifat diskresioner (bisa diutak-atik secara bebas). Lainnya, sudah dipatok-patok untuk berbagai urusan yang nonkresionari,” ujar Akbar.

Menurut Akbar, gagasan soal makan siang gratis tidak realistis.

“Bayangkan, dari anggaran yang hanya Rp 900 triliun yang bersifat diskresioner, apa jadinya kalau Rp 400-an triliun dihabiskan hanya untuk makan siang gratis,” ujar Akbar.

Ekonom CORE Akhmad Akbar Susanto mengatakan 21 program dari Ganjar-Mahfud MD lebih realistis ketimbang program makan siang gratis dari Prabowo -Gibran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News