21 Unit Kerja Raih Penghargaan Birokrasi Bersih dan Bebas Korupsi

21 Unit Kerja Raih Penghargaan Birokrasi Bersih dan Bebas Korupsi
21 Unit Kerja Raih Penghargaan Birokrasi Bersih dan Bebas Korupsi

jpnn.com -  YOGYAKARTA--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (KemenPAN-RB) menyerahkan penghargaan zona integritas kepada sembilan unit kerja percontohan untuk kategori wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Selain itu juga kepada 12 unit kerja untuk kategori wilayah birokrasi bebas dari korupsi (WBK). Peraih penghargaan kedua kategori didominasi oleh unit kerja di bawah Kementerian Keuangan.
 
Penyerahan dilakukan oleh Sekertaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Dwi Wahyu Atmaji mewakili MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi bersama wakil ketua KPK Zulkarnaen, pada acara Festival Antikorupsi, di Grha Sabdha Pramana, UGM, Yogyakarta, Kamis (11/12).
 
Dalam Kesempatan tersebut Atmaji menjelaskan, pembangunan zona Integritas ditetapkan oleh pimpinan instansi pemerintah dengan menetapkan satu atau beberapa unit kerja yang diusulkan sebagai Wilayah Birokrasi Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.
 
Ada sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan, diantaranya dianggap sebagai unit yang penting/strategis dalam melakukan pelayanan publik, mengelola sumber daya yang cukup besar.

“Selain itu memiliki tingkat keberhasilan reformasi birokrasi yang cukup tinggi di unit tersebut,” ujar Sesmen dalam siaran pers yang diterima JPNN, Kamis (11/12).

Atmaji menambahkan, proses penetapan unit kerja sebagai WBK/WBBM dilakukan berdasarkan penilaian secara berjenjang. Dimulai dari penilaian mandiri oleh Tim Penilai Internal (TPI) Instansi,  dan penilaian oleh Tim Penilai Nasional (TPN) KemenPAN-RB.

Penilaian mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dalam Peraturan MenPAN-RB Nomor: 52 Tahun 2014, yang meliputi komponen pengungkit  (60%) dan komponen hasil (40%). (esy/jpnn)

 


 YOGYAKARTA--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (KemenPAN-RB) menyerahkan penghargaan zona integritas kepada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News