24 dari 100 Orang Indonesia Tidak Hafal Pancasila

24 dari 100 Orang Indonesia Tidak Hafal Pancasila
Tjahjo Kumolo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkap fakta mengejutkan soal lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dasar negara Pancasila. Sebanyak 53 persen dari rakyat Indonesia tidak hafal Pancasila dan Indonesia Raya.

Tjahjo tidak asal bicara saat menyampaikan sambutan penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Negara Penanggulangan Teroris (BNPT), di Jakarta, Senin (12/3).

Fakta itu berdasarkan survei Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP). Tjahjo menjelaskan ada 18 orang dari 100 orang tidak tahu lagu kebangsaan Indonesia. Selain itu terdapat 24 orang dari 100 orang yang tidak hafal setiap sila pada Pancasila.

Mendagri menganggap penyebab hal tersebut adalah arus globalisasi, pengaruh dari luar serta keterbukaan informasi publik yang saat ini berkembang sangat pesat.

”Dari 100 orang di negara kita itu masih ada 18 orang yang tidak tahu lagu kebangsaan negara kita. 53 persen orang Indonesia tidak hafal lirik lagu kebangsaan atau pun Pancasila. 24 orang dari 100 orang tidak hafal sila-sila dari Pancasila,” kata Tjahjo. (cr-1/indopos)


Selain tak hafal Pancasila, masih ada warga negara Indonesia yang tak hafal lirik lagu kebangsaan.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News