24 Negara Bakal Berkompetisi di ISPro 2013

24 Negara Bakal Berkompetisi di ISPro 2013
24 Negara Bakal Berkompetisi di ISPro 2013
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan kompetisi hasil karya penelitian siswa menengah tingkat internasional atau International Science Project Olympiade (ISPro) 2013 pada 19-24 Mei mendatang. Even yang bakal digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) itu akan diikuti 24 negara.

Direktur Jenderal Pendidikan Menengah (Dikmen) Kemdikbud, Hamid Muhammad, menyatakan bahwa even itu digelar sebagai hasil kerjasama dengan Pacific Countries Social and Economic Solidarity Association Indonesia (PSIAD). "Dalam even ini peserta akan berkompetisi dengan menggelar hasil penelitian pada saat pameran ISPro di Balairung Universitas Indonesia, 21-22 Mei," kata Hamid di Kemdikbud, Kamis (16/5).

Dipaparkannya, even ini sebenarnya terbuka bagi semua negara. Namun, mengingat singkatnya waktu sosialisasi maka hanya 24 negara saja yang mengirimkan peserta. Di antaranya Afghanistan, Albania, Bangladesh, Bosnia, Germany, serta sejumlah negara di Asia seperti Malaysia, Thailand dan Philippines.

"Ada 270 peserta yang tergabung dalam 90 tim proyek yang akan mengikuti kompetisi ini. Mereka akan berkompetisi untuk sains terapan  lingkungan bidang Biologi, Kimia dan Fisika," kata Hamid Muhammad.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan kompetisi hasil karya penelitian siswa menengah tingkat internasional atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News