24 Rest Area Disiapkan Hadapi Arus Balik Jalur Semarang

24 Rest Area Disiapkan Hadapi Arus Balik Jalur Semarang
Rest area di Tol fungsional Gringsing. Foto: Mesya Mohammad/JPNN

jpnn.com, SEMARANG - Sebanyak 24 rest area akan disiapkan pada jalur mudik Semarang – Jakarta untuk memfasilitasi para pemudik dalam arus balik.

Hal ini dikatakan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rapat Koordinasi Antisipasi Menghadapi Arus Balik Lebaran 2018 bertempat di Kantor Korlantas Polri.

“Berkaitan dengan apa yang kami identifikasi pada saat arus mudik, memang dibutuhkan beberapa rest area dan parkir. Dari yang kami konsolidasikan, ada 24 rest area dan tempat parkir dari Semarang sampai dengan Jakarta. 12 dari Semarang sampai Cikampek dan 12 lagi dari Cikampek sampai dengan Jakarta,” ujar Budi.

Dalam rapat koordinasi juga diputuskan untuk melakukan kampanye kuliner, dengan cara mempromosikan makanan atau oleh-oleh khas masing-masing daerah pada kota-kota di sepanjang jalur mudik.

Hal ini ditujukan agar pemudik tertarik dan menjadikan tempat makan atau tempat penjualan oleh-oleh menjadi tempat beristirahat mereka.

“Secara khusus kami akan membuat suatu kampanye kuliner, dimana masing-masing kota dengan kearifan lokalnya ini menjadi suatu bagian yang menyeimbangkan kegiatan ritual akbar ini dengan menjadi kegiatan wisata yang baik,” terang Menhub Budi.

“Kami akan mempromosikan kota-kota di sepanjang itu sebagai tempat rest area. Tempat jual beli oleh-oleh dan tempat makan yaitu ada beberapa kota diantaranya kota Batang, Tegal, dan Brebes,” tambahnya.

Pada perkiraan puncak arus balik yang diprediksi akan jatuh pada 19 dan 20 Juni mendatang, Dirjen Perhubungan Darat akan memberikan himbauan kepada stakeholder terkait agar kendaraan sumbu 3 tidak melalui jalur tol baik ruas tol operasional maupun ruas tol fungsional pada tanggal tersebut.

Dari yang kami konsolidasikan, ada 24 rest area dan tempat parkir dari Semarang sampai dengan Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News