26 Warga Texas Tewas, Trump Sibuk Bela Donatur

26 Warga Texas Tewas, Trump Sibuk Bela Donatur
Donald Trump berkampanye di hadapan anggota NRA saat Pemilihan Presiden AS 2016 lalu. Foto: Reuters

jpnn.com, TOKYO - Presiden Donald Trump mengucapkan bela sungkawa untuk para keluarga korban penembakan di gereja First Baptist, Texas, Amerika Serikat.

Di tengah kunjungannya resminya di negara-negara Asia, Trump menghelat konfrensi pers bersama PM Jepang Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, untuk membicarakan mengenai insiden mematikan itu.

Selayaknya seorang politikus Partai Republik, Trump buru-buru menyangkal ada masalah terkait pengendalian senjata api. Menurutnya, penyebab tragedi yang menewaskan 26 orang itu adalah kesehatan mental pelaku.

”Saya pikir kesehatan mental adalah masalah di sini,” katanya.

Dia menambahkan kalau pelaku penembakkan di Texas adalah pria gila yang seharusnya menerima perawatan. ”Masalah ini bukan karena senjata,” sambungnya.

Trump, yang mendapat dukungan politik besar dari National Rifle Association alias asosiasi senjata nasional dan pemilik senjata lainnya, memang head to head dengan pendukung usulan pengendalian senjata yang muncul setelah serangkaian baku tembak massal di Amerika Serikat.

Tak lupa Trump memuji warga setempat yang menembak pelaku saat hendak melarikan diri. Dia bersyukur warga tersebut memiliki senjata api.

”Untungnya, ada orang lain yang memiliki senjata dan menembak ke arah pelaku,” katanya. (tia/AFP/BBC/JPC)


Presiden Donald Trump tetap ngotot bahwa Amerika Serikat tak punya masalah pengendalian senjata api


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News